Kamis, 05 Oktober 2017

Studi Sebut Mengonsumsi Karbohidrat Di Akhir Sesi Makan Lebih Menyehatkan

Studi Sebut Mengonsumsi Karbohidrat Di Akhir Sesi Makan Lebih Menyehatkan
Banyak orang menghindari mengonsumsi karbohidrat lantaran dinilai kurang aman, terlebih bagi diabetesi maupun yang sedang program penurunan berat badan. Alasannya karena karbohidrat dapat memengaruhi kadar gula dalam darah secara signifikan. Namun, ada strategi makan baru yang dianggap tidak memengaruhi kadar gula darah dan justru menyehatkan.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh BMJ Open Diabetes Research & Care menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi atau roti di akhir sesi makan dapat berkontribusi pada kesehatan, terutama membantu mengatur kadar gula darah, demikian dilansir dari laman Times of India.

Studi ini bereksperimen dengan 16 orang dewasa dengan diabetes tipe 2. Kelompok tersebut diberi makan makanan yang mengandung protein, sayuran dan karbohidrat. Namun, karbohidrat disajikan secara terpisah dua kali (sebelum dan sesudah makan protein dan sayuran.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa mengonsumsi karbohidrat di akhir makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Ini membuktikan bagaimana karbohidrat memengaruhi tubuh sepenuhnya. Nah, bergantung pada kapan dan apa yang dimakan.

Seperti yang kita tahu, karbohidrat juga memengaruhi tingkat insulin dan bertanggungjawab pada kenaikan berat badan. Namun, studi sebut, kadar insulin cenderung lebih rendah saat orang-orang mengonsumsi karbohidrat di akhir makan, sekaligus dapat membantu menghindari kelonjakan berat badan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar