Selasa, 17 Oktober 2017

Mau Jadi Vegetarian Seperti Mo Sidik? Ini Saran Ahli Gizi

Foto: iStock
Mo Sidik, seorang stand up comedian mengaku sudah menjadi vegetarian sekitar 3 bulan. Terinspirasi? Ini saran ahli gizi untuk Anda yang ingin coba.

Sejak menonton film dokumenter 'What the Hell', Mo Sidik mengaku terinspirasi untuk mengubah pola makannya menjadi vegetarian. Hal ini ia ungkapkan lewat vlog yang Raditya Dika unggah kemarin.

Menjadi vegetarian tentu ada manfaatnya karena banyak mengonsumsi sayur dan buah. Tapi tidak gampang menjalaninya. Selain harus menjaga diri dengan makan nabati, ada hal lain juga yang harus dipahami seperti diungkap oleh Jansen Ongko, M.Sc, R.D,


Menurut pria yang memiliki panggilan akrab Jansen ini, diet vegetarian sebenarnya cocok saja dijalankan oleh siapapun. Akan tetapi, ketika ingin memulai diet ini sebaiknya tetap melakukan konsultasi dengan dokter, terutama bagi orang yang mengidap anemia.

"Karena biasanya orang dengan vegetarian ini cenderung kekurangan zat besi, vitamin B, dan protein. Jadinya status kesehatan mereka bukannya membaik jadi memburuk," ungkap Jansen.


Ketua Umum Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) ini menceritakan banyak konsep yang salah dari menjadi vegetarian. Menurutnya, bukan karena seseorang mengeleminasi daging maka bisa menjadi jaminan hidupnya akan sehat.

"Padahal, pola makan yang baik adalah yang seimbang. Itulah mengapa bagi yang ingin menjalani diet vegetarian harus memiliki pemahaman gizi yang baik dulu," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar